Karma is a Beach

              Apa itu karma? Menurut KBBI, kar.ma [n] (1) perbuatan manusia ketika hidup di dunia: hidup sebagai umat Tuhan itu sekadar melakukan darma dan --; (2) hukum sebab-akibat: -- bukan hanya menguasai manusia, tetapi juga merupakan suatu hukum mutlak dl alam. Banyak orang percaya bahwa jika seseorang mempunyai perilaku yang baik maka orang tersebut akan memperoleh kebalikan pula dalam hidupnya kelak, sedangkan jika seseorang berperilaku jahat, maka orang tersebut harus membayar dan menerima ganjaran atas perbuatannya dimasa depan. What goes around comes around. 
   
Snorkeling di air yang jernih
   Beberapa dari kita pasti pernah mendengar kalimat dalam bahasa inggris yang berbunyi “Karma is a Bitch”. Kalimat tersebut sedikit banyak dapat menggambarkan apa itu karma. Tapi tau ngga sih, jika pergi ke Pulau Dewata—Bali, kalian akan mendapatkan karma yang baik. Kalian tau kenapa? Karena di Bali, Karma is a Beach. Ya, di Bali ada salah satu pantai yang sangat cantik bernama Karma Beach. Mungkin dulu nenek moyang penduduk Bali banyak melakukan perbuatan baik oleh karena itu Tuhan menghadiahkan karma-karma yang indah di pulau ini, salah satunya dengan menghadiahkan Karma Beach.
  

Pengalaman Mengunjungi Karma Beach

         Pada Oktober 2015 lalu, gue berkesempatan untuk mengunjungi Bali. Kebetulan saat itu gue ada dinas kerja di Surabaya, dikarenakan tugasnya selesai di hari Jumat, gue minta untuk postpone tiket kepulangan dari Surabaya ke Jakarta sekitar 4 hari, menjadi hari Selasa. Gue pikir lumayan nih bisa cuti 2 hari dan nyebrang dari Surabaya ke Bali, tiket pesawat-nya murah ini.hehehe
       
      Akhirnya gue mulai nyari tiket Surabaya-Bali-Surabaya 1 minggu sebelum keberangkatan. Waktu itu gue nyari tiket pesawat-nya di Airpaz.com, karena disana harganya lebih murah dan pilihan maskapainya banyak, mulai dari Garuda, Lion Air, Citilink, Airasia, Nam Air dan masih banyak lagi. Setelah menimbang-nimbang harga tiket dan waktu penerbangan, gue memilih Airasia untuk keberangkatan dari Surabaya ke Bali dan menggunakan Lion Air untuk balik dari Bali ke Surabaya. Waktu itu harga tiketnya cuma Rp 500,000,-an untuk 2 tiket tersebut. Murah bangetkan!!!!

       Selama di Bali itu gue nebeng tinggal di kosan temen yang kebetulan kerja di daerah Renon, Bali. *mentalnya masih gratisan.hehehe*. Selama weekend gue dibawa muter-muter sama temen gue itu ke beberapa destinasi mainstream di Bali, seperti Kuta, Legian, Ubud, Bedugul, dan Sanur. But, I need more!! So, gue googling beberapa destinasi yang masih jarang orang datengin di Bali dan gue masukin dalam bucket list tempat yang wajib gue kunjungin sebelum pulang ke Jakarta!

       Bermodalkan motor pinjeman temen, dan handphone ber-internet connection serta GPS tentunya, gue memberanikan diri untuk melang-lang buana sendiri mencari destinasti yang ada di dalam bucket list yang udah gue bikin sebelumnya. Kenapa sendiri? Karena temen gue yang biasa nemenin itu harus kerja, udah weekdays bro, hehehe. But It’s okay and I believe I can do it, karena gue pada dasarnya udah biasa kemana-mana sendiri, and it’s good to try a new thing right, very exciting.


Akses Menuju Karma Beach


     Seperti yang kalian mungkin udah tebak, bucket list pertama gue adalah Karma Beach. salah satu pantai di Ungasan Bali. Alamat tepatnya di Jl. Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Kuta Selatan. Pantai ini terletak searah dengan tempat wisata Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK. Kira-kira 50 menit berkendara dengan motor dari tempat gue—Renon, atau sekitar 40 menit berkendara  dari Bandar Udara Ngurah Rai, Bali.


Taken from Beach Point-view
    Saat itu Pengunjung yang datang tidaklah ramai, kemungkinan karena memang pantai ini bisa dibilang ekslusif karena ada biaya masuk untuk dapat “turun” ke Karma Beach ini. Biaya tiket untuk dapat menikmati pantai ini sekitar Rp 250.000 per orang/hari. Biaya tiket masuk tersebut dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman yang dijual Karma Beach Bali.

      Kenapa harus bayar cukup mahal, padahal banyak pantai lain di Bali gratis? Hal tersebut dikarenakan akses “turun” ke pantai ini hanya ada dua cara, yaitu melalui Karma Beach Bali yang dimiliki oleh hotel Karma Kandara Ungasan, atau dengan menginap di resort bintang lima Karma Kandara yang denger-denger harga permalamnya bisa sekitar 1,000,- USD. Untuk kita yang budgetnya terbatas tapi ingin coba menikmati sesuatu yang sedikit ekslusif bolehlah sekali-kali mencoba datang ke Karma Beach ini. Uang Rp 250,000,- kita akan terbayar dengan keindahannya pasir putih dan kejernihan airnya, serta pengunjung yang tidak terlalu banyak akan menjadi poin tambahan lainnya. Lagi pula uang tiket tersebut juga bisa kita pakai untuk makan atau minum disana.


Pesona yang ditawarkan Karma Beach



Tempat duduk berpayung tersebar di sekeliling pantai
        Para pengunjung disini sebagian besar besar menghabiskan waktunya untuk berjemur di pinggir pantai, lainnya juga suka berenang dan bermain di jernihnya air Karma Beach. Pengelola sudah memfasilitasi dengan menyediakan tempat duduk santai berpayung. Berjemur, ditemani suara deburan ombak, pasir putih, sinar matahari, serta es kelapa muda, pokoknya surga dunia banget. Sesekali gue bermain di bibir pantai, dan airnya itu beneran masih jernih banget. Kalo kaya gini, maka nikmat Tuhan mana lagi yang kita dustakan guys? Bersyukurlah kita dilahirkan di Tanah yang subur dan indah ini. Tidak semua Negara mempunyai tempat yang memukau seperti ini. Aku Cinta Indonesia, semoga kita bisa berjumpa kembali Karma Beach.






Sumber Photo : Koleksi Pribadi dan Google





Komentar

Posting Komentar

ayo komentar...

Postingan populer dari blog ini

KLASS. a.k.a The Class (2007 film)

With My Kiddos!!!