Kenapa Blackberry bisa booming di Indonesia?

Siapa yang tidak mengenal Blackberry di Indonesia?? 
Berapa banyak orang Indonesia yang sangat menginginkan gadget populer ini??
Dimana sentra penjualan HP yang tidak menempelkan logo/poster Blackberry??

Wawwww sebegitu boomingnya blackberry di Indonesia sampai-sampai gue sendiri gak tau awal mulainya blackberry masuk/menginvasi ke Indonesia?? Yang gue tau banyak public figur yang awalnya make tuh smartphone sekitar awal/pertengahan 2008 trus tiba-tiba aja demam "latah" orang Indonesia kambuh. Semua yang merasa "gaul" dan "tajir" kudu make tuh gadget!! kalo ngga ya lo dianggap LOSER!! masa sih?? apa ini sentimen gue doang??huahaha

ini sedikit artikel yang gue kutip dari liputan 6 :

BlackBerry merupakan ponsel trendi dan fashionable daripada iPhone, kata seorang penjual, seperti dilansir CNN, Selasa (29/12). Jadi, kenapa BlackBerry begitu booming di Indonesia? Salah satu alasannya adalah harga. BlackBerry baru hanya sekitar US$ 500, dibanding dengan iPhone baru yang bisa seharga $ 900, tapi jka kita membelinya sebagai produk BM (black market atau pasar gelap), maka BlackBerry bisa seharga US$ 300. BlackBerry tidak hanya ada di Indonesia, masyarakat negara berkembang yang sadar akan tren juga menikmati ponsel ini.

Selain harga, aksesibilitas juga menjadi salah satu alasannya. Infrastruktur internet di Indonesia sangat mahal dan tidak selalu dapat diandalkan. Bagi banyak orang Indonesia, lebih mudah, dan murah, untuk mengaktifkan internet dalam handphone.

Melihat pergerakannya selama ini gue melihat BB adalah sebuah "mainan baru" yang mengasyikan bagi banyak orang, dan mereka berlomba-lomba memilikinya dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda--yang mostly itu hanya digunakan sebagai pelengkap gaya hidup saja.

Dulu gue sempet terjelembab dengan "demam BB" tapi setelah kesini-sini (dengan banyak baca artikel tentang BB) ternyata apa yang ditawarkan oleh BB tidak sebanding dengan apa yang harusnya didapat dengan "harga" yang dikeluarkan. Misalnya apa kelebihan yang ditawarkan oleh BB dengan harga 2,5 juta dengan smartphone nokia, samsung, LG dan lainnya?? fitur??

Gue baca di tabloid PULSA edisi 197 (compare sistem operasi OS) disitu tertulis bahwa keunggulan  BB terletak hanya pada fitur MESSAGING. Memang tidak dapat dipungkiri fitur messaging di BB itu sangat dapat diandalkan dan menggiurkan. Apalagi untuk masyarakat Indonesia yang suka sekali "ngobrol", dengan fitur BBM ngobrol menjadi lebih mudah dan "private" karena hanya sesama pengguna BB yang dapat menggunakan fitur tersebut.
Beberapa keunggulan BB yang lain bisa dilihat disini.

Sebenarnya sah-sah aja mau menggunakan merk HP apapun, tapi sekarang alangkah baiknya menjadi konsumen yang pintar. Membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan barang yang akan dibeli. Jangan mau "ikut-ikutan" orang lain, karena apa yang kita butuhkan belum tentu sama dengan kebutuhan mereka. Dan jangan memaksa mengikuti trand yang tidak perlu..

Menurut gue BB cocok digunakan untuk kalangan tertentu misalnya :
1. Pebisnis yang memerlukan smartphone mobile yang bisa diandalkan untuk mengirim email/data yang penting kapan saja dan dimana saja.
2. Artis (public figur) yang perlu memberikan informasi secara berkala mengenai kegiatannya kepada pihak-pihak terkait.
3. Toko online yang memang kegiatannya dilakukan sebagian besar menggunakan fasilitas internet, jadi untuk lebih memudahkan memantau toko online-nya tersebut (pembelian, pertanyaan, promosi, iklan, dll).

Semoga artikel ini bermanfaat bagi gue pribadi dan kalian semua. BE a SMART CONSUMER GUYS!! 

Komentar

  1. saya setuju banget ma artikel di atas..
    BB tuh cma mainan anak2 geblek yg bloon sok keren..

    BalasHapus

Posting Komentar

ayo komentar...

Postingan populer dari blog ini

KLASS. a.k.a The Class (2007 film)

Karma is a Beach

With My Kiddos!!!